PT Central Coolindo Lestari

Apa itu AHU?

Sebuah unit penanganan udara, biasa disebut AHU (Air Handling Unit), adalah gabungan elemen yang terpasang dalam unit berbentuk kotak besar memuat kebutuhan ventilasi yang sesuai untuk penyaringan, pendinginan, atau penggantian udara dalam bangunan atau tempat usaha. Biasanya, AHU dipasang di atap bangunan dan udara disirkulasikan melalui saluran untuk mencapai setiap ruangan di bangunan tersebut.

Fungsi Utama AHU

Selain mengatur ventilasi yang tepat dari dalam ke udara luar, AHU memiliki fungsi lain :

  1. Penyaringan dan Pengendalian Kualitas Udara
    Udara yang akan mencapai dalam ruangan disaring dan dikontrol kualitasnya berkat filter penyaringan udara. Bergantung pada retensi filter ini, udara akan bersih.
  1. Pengendalian Suhu Udara
    AHU mengatur sistem pendinginan udara di cuaca dingin atau panas sehingga sensasi termal dalam ruangan sesuai dengan yang diinginkan.
  1. Pemantauan Kelembaban Relatif
    Untuk kenyamanan dalam ruangan yang lebih besar.

AHU ini biasanya digunakan di tempat-tempat di mana jumlah pengunjung sangat besar dan terkumpul banyak orang pada saat yang sama, serta ventilasi alami terbatas, seperti ruang makan hotel, ruang pertemuan, restoran, aula, dan sebagainya. Ini juga merupakan pilihan yang cocok untuk ruang-ruang dengan persyaratan kebersihan sangat tinggi, seperti laboratorium, ruang produksi, atau ruang operasi.

Struktur AHU

 

Efisiensi Energi AHU

Tujuan utama dari sebuah unit penanganan udara adalah efisiensi energi, dan hal ini wajib sejak tahun 2016 berdasarkan Peraturan Desain Ekodesain Eropa 1235/2014. Dengan adanya unit pemulihan panas, AHU mengurangi penggunaan energi yang diperlukan dalam pendinginan udara, karena udara dalam ruangan dan udara luar dicampur dalam pertukaran panas sehingga ketika udara mencapai gulungan pendingin, perbedaan suhu lebih rendah, oleh karena itu, kontribusi iklim juga lebih rendah dan konsumsi energi juga berkurang. Demikian pula, regulasi variabel peralatan berarti kipas dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan laju aliran udara, mengurangi konsumsi mereka.

Dapatkan AHU berkualitas tinggi dari PT Central Coolindo Lestari untuk memenuhi kebutuhan ventilasi dan pengkondisian udara Anda. Produk kami menjaga kualitas udara dalam ruangan dan memastikan efisiensi energi yang tinggi sesuai dengan regulasi . Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang produk AHU kami.

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp