PT Central Coolindo Lestari

Pentingnya Perawatan Teratur pada Coil Evaporator AC

Pemeliharaan rutin memastikan AC (Air Conditioner) Anda berjalan dengan baik. Itulah mengapa penting untuk selalu memantau unit AC Anda dan menjadwalkan pemeliharaan yang tepat. Namun terkadang, kehidupan sehari-hari membuat kita terlalu sibuk, sehingga tidak mengherankan jika beberapa hal terlupakan, termasuk jadwal pemeliharaan AC berikutnya. Cara yang dapat membantu adalah dengan membuat kalender dengan tanggal pemeliharaan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah lupa kapan saatnya membersihkan komponen AC yang penting.

Ini juga harus mencakup coil evaporator dalam sistem AC Anda. Coil evaporator menangkap panas dari udara yang beredar di rumah Anda. Anda juga memiliki coil kondensor yang membantu mengeluarkan udara panas dari rumah Anda. Itulah cara unit AC Anda mendinginkan ruangan Anda. Coil evaporator adalah bagian penting dari proses perpindahan panas. Coil yang kotor dapat mengakibatkan penurunan tingkat efisiensi AC Anda. Berikut adalah tips berguna tentang cara menjaga coil tetap bersih.

Apa yang terjadi saat coil kotor?

Ketika coil evaporator kotor, hal ini membahayakan beberapa hal. Pertama, hal ini memengaruhi proses hembusan udara secara negatif. Karena coil mungkin berisi serbuk sari dan debu bersama dengan partikel lainnya, hal ini menghambat aliran udara yang efisien.

Coil evaporator yang tersumbat atau kotor mengakibatkan penurunan aliran udara ke rumah Anda. Penurunan aliran udara dapat menyebabkan waktu pendinginan yang tidak efisien. Inilah salah satu alasan mengapa ruangan Anda tampaknya memerlukan waktu lama untuk mendinginkan.

Pemakaian pada sistem. Dengan adanya bagian yang rusak, komponen lain dalam unit AC Anda terpaksa bekerja lebih keras untuk mengkompensasi coil evaporator yang kotor. Akibatnya, mereka lebih rentan terhadap kerusakan komponen. Dengan bagian yang rusak, Anda akan menghadapi kerusakan sistem dalam beberapa tingkat.

Coil evaporator yang terganggu memengaruhi kinerja bagian lainnya. Hal ini mengarah pada harapan umur unit yang lebih pendek. Jika Anda ingin sistem AC Anda bertahan lebih lama, maka Anda perlu mulai lebih memperhatikan jadwal pemeliharaan Anda.

Mengapa menjaga coil tetap bersih penting?

Pemeliharaan AC rutin menjaga unit Anda bekerja dengan sedikit atau tanpa masalah. Ini membuat unit Anda berfungsi seperti baru, selama mungkin, dan itu adalah yang ideal, karena berarti lebih sedikit perbaikan. Lebih sedikit perbaikan berarti biaya perbaikan yang lebih rendah. Pemeriksaan pemeliharaan rutin mencegah masalah tumbuh lebih besar dan memerlukan pendekatan yang lebih mahal. Terakhir, dengan pemeliharaan rutin, Anda menjaga unit bekerja tanpa hambatan. Ini membuatnya bertahan lebih lama, sehingga tidak hanya menghemat biaya perbaikan AC, tetapi juga menghemat penggantian. Itu berarti Anda tidak perlu mencari dan mengeluarkan uang untuk unit baru dalam waktu dekat.

Dimana mengganti Coil Evaporator?

Untuk mengganti coil evaporator AC Anda, percayakan pada layanan berkualitas dari PT Central Coolindo Lestari.  Hubungi kami sekarang untuk konsultasi dan penawaran terbaik.

Sumber : coolblew.com/blog/how-to-clean-evaporator-coil-without-removing

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp